2015-04-28

[Octivity] Rifa, mantan BMI HK yang Ikut Reboisasi Ungaran

Rifa, mantan BMI HK yang Ikut Reboisasi Ungaran

Salah satu gunung favorit bagi para pendaki di kawasan Jawa Tengah adalah Gunung Ungaran. Pada hari Sabtu-Minggu, 14-15 Februari 2015, ribuan pendaki dan pecinta alam (pala) di Indonesia mengadakan reboisasi "1001 Pendaki Tanam Pohon (Satu Pendaki Satu Pohon)" di lereng gunung Ungaran. Salah satu dari mereka adalah Rifa, mantan Buruh Migran Indonesia (BMI) Hong Kong asal Wonosobo yang juga tercatat sebagai anggota grup pendaki di Hong Kong, Indohikers.

Mengutip proposal yang diajukan kepada Indohikers, kegiatan ini merupakan upaya nyata serta memberi sedikit sumbangsih dalam pembangunan nasional khususnya di bidang pelestarian lingkungan. Di mana, kawasan hutan di Gunung Ungaran merupakan daerah serapan air yang sangat signifikan dan menjadi penopang kebutuhan air mineral utama di beberapa wilayah di Jawa Tengah, yaitu: Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, dan Kotamadya Semarang.

Pada hari pertama, menurut Rifa, acara dimulai dengan pendataan peserta sesuai jalur pendakian, yakni: jalur Promosan, Gedong Songo dan Mawar. Setelah itu dilanjutkan dengan pendirian tenda, sarasehan/pembekalan dan ramah tamah antar peserta maupun panitia.

Sedangkan acara inti pada hari kedua dimulai dengan sholat subuh berjamaah, senam pagi, hingga bongkar tenda. Pemberangkatan peserta diawali dengan uparaca bendera dan pembagian bibit pohon. Sebelum penanaman, para peserta menandatangani poster tentang janji untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Setelah rangkaian acara selesai, peserta dibebaskan untuk tetap berkemah ataupun pulang, lanjutnya. Panitia reboisasi mengungkapkan antusias atas wakil Indohikers dan rasa kebanggannya kepada BMI yang tetap mengibarkan bendera merah putih meski berada di negeri orang.

Perempuan yang memutuskan kembali ke Indonesia sejak Desember 2013 itu mengatakan sangat gembira dengan pengalaman, ilmu, dan teman-teman baru. "Jangan mengaku (sebagai) pecinta alam sebelum peduli dengan penghijauan, jaga kekompakan dengan komunitas hikers yang ada," pesannya untuk teman-teman di Hong Kong. Selain itu, Rifa juga menyerahkan bantuan dana dari Indohikers untuk kegiatan reboisasi ini.

Nah, meski mantan BMI, kepedulian Rifa terhadap kelestarian alam perlu diacungi jempol. Terimakasih telah mewakili Indohikers, ya, ah mui.

*ah mui= adik perempuan (panggilan sayang Indohikers pada Rifa).

0 comments:

Post a Comment