Pages - Menu

2015-01-31

[Nekad Blusukan] Hong Kong Rasa Kanada

Meninggalkan jejak.

Hong Kong Rasa Kanada

Ada fenomena unik di wilayah Hong Kong bagian utara tepatnya di Tai Tong Country Park, Yuen Long. Di sana terdapat banyak pohon Chinese sweet gum (liquidambar formosana). Pada bulan Desember hingga pertengahan Januari, daunnya berubah warna menjadi merah. Sehingga, banyak orang yang menyebutnya daun merah (hong yip).
Menurut Lo, volunteer setengah baya yang berada di sana, sweet gum bukanlah maple. Sambil membawa buku kliping daun kering dan gambar-bambar, ia menjelaskan bahwa daun gweet gum ada yang menjari tiga, empat dan lima. Pada musim semi, bentuk daunnya lebih hijau dan lebih lebar. Hal ini memungkinkan bagi ulat-ulat untuk bereproduksi dan bermetamorfosis menjadi kupu-kupu. Sedangkan pada musim gugur, daunnya berganti menjadi lebih kecil dan berwarna merah serupa daun maple.
Populasi sweet gum paling banyak berada di Tai Tong. Warna daunnya lebih merah daripada area lain di Hong Kong mengingat letak geografisnya yang dekat dengan China daratan. Suhu udaranya pun lebih rendah bila musim dingin tiba.
Banyak aktivitas yang dilakukan para pengunjung di sana. Ada yang piknik, ada yang melukis dengan cat air, ada yang memotret model, foto pre-wedding hingga foto kelulusan sekolah maupun bermain dengan hewan peliharaan.
Di salah satu spot perjalanan, kita akan menemukan area BBQ yang lumayan luas. Pada beberapa lokasi pun bermunculan sekelompok pohon sweet gum. Meski jumlahnya tak seberapa tetapi mampu menarik pengunjung untuk berlama-lama di sana untuk sekedar istirahat atau mengambil foto.
Pada spot perjalanan yang lain, kita akan bertemu dengan sekelompok relawan yang menjaga tiga booth/stand. Tempat ini lebih diperuntukkan bagi anak-anak dengan menyediakan aneka permainan. Permainannya antara lain: mencocokkan daun mapel dengan gambar pada puzzle, mendaur ulang kertas koran, serta melempar gelang plastik ke dalam cone. Perjalanan makin asik ketika kita banyak menemuka penanda jalan. Sehingga kita tidak takut tersesat.
Tidak hanya pendatang migran, penduduk lokal Hong Kong banyak yang datang ke Tai Tong. Rute perjalanannya pun tergolong ringan dengan suguhan pemandangan yang indah di kiri kanan jalan, termasuk view daerah Yuen Long dari ketinggian. Tidak hanya dengan jalan kaki, beberapa diantaranya bersepeda ria menuju lokasi. Bahkan, taksi pun diperkanankan masuk hingga area tertentu.
Untuk ke sana, kita bisa menggunakan Mass Transit Railway (MTR) dan turun di stasiun Long Ping exit B disambung dengan bus MTR yang disediakan khusus ke Tai Tong nomor K66. Tarif busnya sekitar 5 dolar. Dengan jalur yang lebih pendek dan lebih cepat, penumpang tidak diperkanankan turun di tengah jalan.
Bila pada awal tahun Anda belum bisa menikmati indahnya berada di bawah guguran sweet gum, pastikan Anda mengagendakannya akhir tahun ini.

***

[Risna Okvitasari]
MTR Long Ping Station

MTR Bus nomor K66
Di dalam bus, dek atas

Narsis bareng

Medannya ringan

Ada BBQ site juga

Penanda jalan ada di mana-mana

Arena Permainan

Daun Sweet Gum menjari 4 dan 5

Daun Sweet Gum menjari 3

Coba hitung, ini menjari berapa?

Sign ada di mana-mana

Team UTHK

2 comments: