Pages - Menu

2015-02-28

[Sekitar] Pendidikan: Orientasi Studi Mahasiswa Baru UT-HK 2015.1

Orientasi Studi Mahasiswa Baru UT-HK

Causeway Bay. Bertempat di Victoria Park, Kelompok Belajar (Pokjar) mahasiswa mandiri Universitas Terbuka Hong Kong (UT-HK) mengadakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) tahun akademik 2015.1 (18/1). Kegiatan yang dimulai pukul 11 siang ini juga diisi dengan acara perayaan ulang tahun Pokjar yang ketiga.

Setidaknya ada 40 mahasiswa baru dan lama yang hadir di tempat itu. Menurut ketua panitia, Wiwinda Harnanik, OSMB merupakan momen bersejarah bagi mahasiswa untuk memasuki  zona awal sebagai pembelajar formal. OSMB di sini bertujuan sebagai acara ramah tamah dan sebagai ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru serta ajang berbagi pengalaman antara mahasiswa lama kepada mahasiswa baru.

Kuliah di UT menerapkan sistem terbuka dan melalui pembelajaran jarak jauh/ e-learning. Kegiatan OSMB ditekankan pada pembekalan kedisiplinan dan kesadaran penuh sebagai mahasiswa mandiri. Sehingga, istilah OSMB dengan kekerasan fisik tidak ada di Pokjar ini, tegas mahasiswa jurusan Sastra Inggris bidang minat penerjemah semester empat ini.

Ia berharap, mahasiswa UTHK senantiasa bekerjasama dan saling respek kepada sesama.

"Dan ingat, kesuksesan seseorang bukan hanya berdasarkan besarnya IP (indek prestasi) kita, tapi sikap dan tindakan kita juga menentukan keberhasilan kita. Tidak ada perbedaan status jika semua sudah bernaung di bawah nama mahasiswa, semua sama," ucapnya menutup wawancara.

Mahasiswa UT di Hong Kong terdiri dari dua kelompok. Yakni Pokjar yang diurus oleh lembaga GITC dan Pokjar yang diurus secara pribadi di bawah naungan Pensosbud KJRI.

No comments:

Post a Comment