2014-08-14

[Curcol] Kain Lap Segitiga_Sama_Kaki

Kain Lap Segitiga_Sama_Kaki

Hingar bingar perayaan Imlek tahun kuda ini menyisakan kisah menyesakkan bagi Elly yang ngurus sebuah keluarga di daerah Diamond Hill. Antara seneng dan senep, ia terjebak dalam serentetan kesibukan imlek. Mulai dari bersih-bersih rumah kecil sak upil, akting di depan kamera yang dipasang di ruang tamu, nyungsep di lantai dapur buat nyolong istirahat hingga nginthil ndoro juragan dalam acara makan bersama tutup tahun dan buka tahun. Orang Hong Kong menyebutnya sik tuen nin fan.

Sewaktu makan penutupan tahun itulah kisah ini terjadi. Elly dan keluarga juragannya makan di rumah gaufu (pak dhe). Di sana ia tidak perlu bantu-bantu masak. Toh di rumah gaufu sudah ada tukang masaknya. Ia cukup membantu beberes dan cuci mangkuk di dapur rekaman. Kenapa disebut dapur rekaman? Konon, aktivitas di dapur juga direkam oleh lirikan mata juragan Elly. Takut si Elly daulan (malas). Dih, segitunya!

Nah, usai makan-makan, Elly menjalankan tugas dan kewajibannya. Ia nyuci piring, ngelap kompor dan tembok, hingga ngepel lantai. Tiba-tiba makanan yang sudah bercampur acyd di dalam lambung Elly bergolak minta dimuntahkan kembali. Pasalnya, saat ngucek lap, ia merentangkan lapnya tadi.

Tahukah apa yang terjadi, saudara-saudara pecinta SUARA?
Bentuk lap itu adalah setangkup dengan segitiga sama sisi. Dan ketika Elly memerhatikan lebih detail, lap itu ternyata bekas CD (celana dalam) dengan merk Bos*n*. Pikiran Elly kembali pada beberapa menit lalu di mana lap CD itu digunakan untuk mengelap perangkat memasak oleh tukang masak di rumah gaufu.

Elly keluar ke ruang tamu, tempat para anggota keluarga ngumpul dan ndelongop di depan TV. Ia pun protes. Tak dinyana, tukang masak malam itu malah merangkul Elly dan mengajaknya masuk dapur sambil menjawab dengan kalimat fantastis.

"Em ba lah (nggak papa lah). Cuma buat ngelap pantat wajan aja kok. Kan sudah dicuci bersih." Toenggg, perut Elly mungkuk-mungkuk pingin muntah.

Tragis banget kamu, El. Duh.

0 comments:

Post a Comment