2014-12-24

[Sekitar] Bantu Sesama dengan Donor Darah

Bantu Sesama dengan Donor Darah

Causeway Bay. Minggu, 21 Desember 2014, itu cuaca sangat cerah meski suhu udara berkisar antara 17-19 derajad Celcius. Sekelompok pekerja migran Indonesia yang juga tercatat sebagai mahasiswa Mandiri Universitas Terbuka Hong Kong (UTHK) mengadakan kegiatan sosial, donor darah. Selain untuk mahasiswa, kegiatan ini juga terbuka untuk BMI umum.

Penanggung Jawab kegiatan sekaligus mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi semester 2, Darwati, mengungkapkan kegembiraannya bisa membantu sesama melalui Donor Center (Red Cross). Baginya, ini adalah pengalaman pertama yang tidak terlupakan. Ia berharap agar kedepannya bisa rutin mendonorkan darah.

"Walaupun ada ras takut, hahaha" lanjutnya.

Peserta donor darah ini datang ke Causeway Bay Donor Center seusai makan siang. Setelah mengisi formulir dan mengambil nomor antrian, mereka melakukan cek kandungan hemoglobin dalam darah dilanjutkan interview kelayakan kesehatan di ruang terpisah. Setelah lolos, barulah mereka diambil darahnya.

Untuk tiap pendonor, jumlah darah yang diambil tidak sama menyesuaikan kondisi tubuh masing-masing. Bahkan salah seorang mahasiswa prodi Manajemen semester 2, Erna Rahayu, harus dihentikan proses pengambilan darahnya karena detak jantung terlalu cepat. Petugas medis mengatakan tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada pendonor. Oleh karenanya, jika sudah siap, pendonor bisa datang lagi seminggu kemudian sebagaimana yang tertera dalam leaflet yang dibubuhkan oleh petugas medis. (Risna)






















0 comments:

Post a Comment