2020-04-24

TETAP BUGAR SELAMA PUASA RAMADHAN DI RANTAU


Bulan Ramadan sudah tiba. Bagi sebagian besar pekerja migran di Hong Kong, menjalankan puasa juga berarti memberi pengertian kepada majikan bahwa selama satu bulan itu kita tidak makan dan minum pada siang hari. Tidak makan atau minum dalam waktu yang lama, tentu akan memengaruhi kinerja kita. Lalu, bagaimana menjaga tubuh supaya tetap bugar?

  • Tidak Melewatkan Sahur


Makan sahur adalah elemen terpenting sebelum puasa. Ada kalanya makan terlalu pagi membuat rumah majikan sedikit gaduh. Bila memungkian, siapkan dulu makanan untuk sahur sebelum kita tidur. Roti, susu, buah, sereal atau makanan sachetan siap saji bisa menjadi pilihan agar tidak waktu sahur tidak terlalu lama.

  • Segera Berbuka Puasa


Menyegerakan berbuka merupakan sunnah puasa tetapi disarankan agar makan dan minum secukupnya. Kita bisa berbuka dengan air putih, kurma, buah, jus, dll. Setelah perut beradaptasi dan mencerna makanan berbuka tadi, kita bisa mengkonsumsi nasi atau makanan lain. Tapi ingat, makan terlalu banyak bisa membuat sakit perut dan heartburn. Terlalu kenyang akan membuat kita mengantuk saat ingin melakukan ibadah lainnya seusai jam kerja.

  • Banyak Minum Air Putih, Sayur dan Buah


Meski berpuasa, usahakan tetap minum air yang cukup. Kita bisa menyiasatinya dengan minum dua gelas semasa berbuka, empat gelas pada malam hari, dan dua gelas saat sahur. Sedangkan untuk menu berbuka atau sahur, jika memungkinkan, perbanyak mengkonsumsi buat dan sayur. Kandungan serat pada buah dan sayur membuat tubuh mencerna makanan lebih lama sehingga kita tidak cepat merasa lapar.

  • Melakukan Olahraga Ringan


Meski seminggu satu atau dua kali, kita perlu melakukan olahraga agar tubuh kita tetap bugar. Pilih olahraga ringan seperti jalan kaki atau jogging. Kita bisa memilih waktu menjelang berbuka puasa atau malam hari agar bisa segera minum bila berkeringat.

Untuk jadwal puasa bisa kita dapatkan dari masjid-masjid, lembaga dakwah atau Konsulat Jenderal Republik Indonesia. Untuk tahun 2020 ini, berikut jadwal puasa yang telah dihimpun dari Islamic trust Hong Kong. 


Ref :
- matahidup.com
- hellosehat.com

0 comments:

Post a Comment