2020-04-26

Yang Harus Disiapkan dan Dilakukan Saat Karantina Mandiri karena COVID-19


Dilansir dari laman Instagram Kemenkes RI, ketika seseorang merasa kurang sehat, seperti demam atau gejala penyakit pernapasan yang lain, secara sukarela agar tinggal di rumah atau tidak bekerja, tidak sekolah, atau ke tempat umum lainnya. Adapun kriteria kurang sehat yaitu demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan dan sesak nafas.
Apa saja yang harus dilakukan di rumah saat self-isolated atau karantina mandiri? 
1. Selalu gunakan masker. Ganti setiap hari dan langsung gunting/ rusak maskernya agar tidak direcycle sebelum dibuang ke tempat sampah tertutup, kemudian cuci tangan dengan benar. 
2. Konsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, serta melakukan olahraga ringan.
3. Upayakan ruang terpisah dengan anggota keluarga yang lain dan jaga jarak dengan orang sehat minimal 1 meter. 
4. Hindari pemakaian bersama alat makan (piring, sendok, garpu, dan gelas). Cuci alat makan dengan air dan sabun. 
5. Tetap di rumah dan mudah dihubungi. Jika terpaksa harus keluar rumah, gunakan masker, serta hindari kerumunan atau keramaian. 
6. Jaga kebersihan rumah dan gunakan cairan disinfektan. 
7. Hubungi dokter/ fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Sebagaimana dinukil dari Business Insider, berikut kelengkapan yang harus disediakan di rumah bila mengisolasi diri selama dua pekan.
1. Makanan
Keluarga yang melakukan karantina, sebelumnya harus menyediakan makanan untuk 14 hari bagi setiap orang - dan hewan peliharaan bila ada.
2. Produk higienis
Pastikan Anda memiliki produk higienis rumah tangga yang cukup seperti sabun, pembersih tangan, kertas toilet, tisu, produk perawatan feminin, dan popok.
3. Obat
Jika memungkinkan, dapatkan persediaan obat resep selama 30 hari.
4. Perlengkapan P3K
Sediakan peralatan P3K di rumah untuk mengobati cedera umum, termasuk luka, goresan, bengkak, keseleo, otot tegang, salep antibiotik, kain kasa, perban, termometer, gunting, pinset, dan selimut darurat.
5. Persedian Air.
Pasokan air kemungkinan tidak akan terpengaruh oleh virus corona, tetapi jika Anda tinggal di daerah dengan air terbatas. Sediakan air untuk bertahan selama 14 hari masa karantina.

Ref: 
- kemenkes.go.id
- tirto.id
- tempo.co

0 comments:

Post a Comment