2020-04-17

WOW, ADA LANDASAN HELIKOPTER DI PUNCAK TERTINGGI KOWLOON (飛鵞山)


Hiking adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain untuk menjaga kebugaran, pemandangan alamnya yang hijau akan memberi penyegaran tersendiri bagi tubuh kita. Hanya saja, di tengah mewabahnya pandemik COVID-19 seperti sekarang, kita harus tetap memantau pemberitaan terbaru dari pemerintah Hong Kong mengenai aturan jaga jarak atau social distancing. Jangan sampai kita mendapat sanksi karena melanggar aturan pemerintah.

Kali ini kita menuju Kowloon Peak atau yang juga terkenal dengan nama FEI NGO SHAN (飛鵝山). Fei Ngo Shan merupakan puncak tertinggi di distrik Kowloon dengan ketinggian 602 mdpl dan terletak di Ma On Shan Country Park. Berada di bagian Timur Laut Kowloon, trek menuju Fei Ngo Shan bisa dibilang trek yang berbaya dan curam di beberapa bagian. Oleh karenanya, kita akan mencoba trek paling pendek dari bebarapa jalur yang biasa dilalui pendaki. Tapi ingat, savety first, ya.

Perjuangan kita mendaki akan dibayar dengan sebuah hal unik. Di puncak Fei Ngo Shan kita akan kita akan menemukan sebuah menara transmisi dan sebuah landasan helikopter (Helipad). Agak bergeser dari helipad, kita akan disuguhi pemandangan semenanjung Kowloon yang begitu spektakuler. Kita bisa melihatnya sejauh mata memandang. Dan spot yang paling terkenal bagi para petualang, pendaki maupaun fotografer adalah "Suicide Cliff". Dan seperti biasa, kami selalu mengingatkan untuk selalu menjaga keamanan, membawa bekal/ air yang cukup, memakai pakaian yang nyaman serta menjaga kebersihan. Untuk foto-foto dengan sudut pandang ekstrem, diharapkan agar senantiasa berhati-hati.


Rute.

- Kita mulai perjalanan kali ini dari stasiun MTR Choi Hung exit C2/ C1, kita akan naik minibus hijau nomor A1. Katakan pada supir turun di Fei Ngo Shan Road. Bila tidak memungkinkan, kita bisa naik taksi atau berjalan dari MTR Choi Hung exit B dan kita menyusuri Clear Water Bay Road sekitar 1,4 km.
- Dari pemberhentian minibus hijau di  Fei Ngo Shan Road, jalan lagi sekitar 30 menit. Setelah menemukan pertigaan dengan penanda bertuliskan Ma On Shan Country Park, ikuti arah kiri. Jalan saja terus, di sebelah kiri ada jalan setapak dengan penanda utama bertuliskan "danger", itulah jalan menuju Kowloon Peak. Sttt, hati-hati, beberapa menit nanjak, di sebalah kanan jalan kita akan menemukan makam.
- Ikuti jalur setapak dan berbatu, di beberapa titik penanjakan kita akan dipenuhi dengan rimbun pepohonan, kemudian semak-semak lalu ilalang.
- Saat menikmati puncak, kita bisa turun mengikuti jalur dan jalur shotcut (potong kompas), di beberapa bagian akan ada penanda berupa pita yang akan menuntun kita sampai bawah.

Happy Holiday.

Ref:
- http://www.hongkonghikes.com/2018/10/safest-easiest-short-route-to-kowloon.html
- http://unseenhongkong.com/2017/02/suicide-cliff-hong-kong-kowloon-peak/
- https://en.wikipedia.org/wiki/Kowloon_Peak

0 comments:

Post a Comment