2015-10-16

[Octivity] Peduli Korban Bencana Asap, Mahasiswa UT di Hong Kong Galang dana

Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban asap kebakaran hutan yang terjadi di Sematera dan Kalimantan, Indonesia, mahasiswa Universitas Terbuka di Hong Kong mengadakan galang dana di lapangan Victoria Park, Causeway Bay (4/10). Kegiatan serupa juga dilakukan oleh beberapa komunitas pekerja migran asal Indonesia (BMI) dan menujuk Perpustakaan Bintang Al Ikhlas sebagai penyalur dana yang telah terkumpul. Hasil dari galang dana ini akan disumbangkan dalam bentuk masker, bukan uang.

Menurut penanggung jawab acara, Siti Sundari, ia merasa prihatin dengan kondisi Indonesia, terutama dengan banyaknya bencana alam serta penurunan moral dan mental sember daya manusianya. Dari kegiatan itu tak sedikit ia jumpai bahwa BMI Hong Kong sukarela memberi sumbangan dan mendokan agar bencana asap ini segera diatasi oleh pemerintah. Ia tak menampik bahwa ia juga menjumpai beberapa BMI yang menolak aksi tersebut.

"Bahkan ada yang tanya… Itu bencana di mana sih, Mbak? Sejak kapan?" ucap mahasiswa semester II, fakultas ISIP, prodi Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemah ini.

Dengan adanya kegiatan ini ia berharap dapat membantu dan meringankan beban relawan dalam menyediakan masker bagi korban, mengingat kondisi asap semakin parah.
"Semoga kegiatan ini dapat memotivasi kami, khususnya mahasiswa UTHK Non-Sipas, agar senantiasa menanamkan sikap kepedulian antar sesama, di mana pun berada," lanjutnya.

Acara yang dimulai pukul 12 siang ini berhasil mengumpulkan dana 1,010 HKD ditambah sumbangan intern dari mahasiswa sebesar 500 HKD. Acara yang dijadwalkan berlangsung setengah hari itu terpaksa dipersingkat karena Hong Kong dilanda hujan dan angin.

[Teks: Risna Okvitasari]
[Foto: Siti Sundari]








0 comments:

Post a Comment