2016-02-13

[Octivity] Editing dan Proses Akhir dalam Fotografi

Causeway Bay. Bertempat di Wunsha Court, belasan Buruh Migran Indonesia mengikuti workshop fotografi yang diadakan atas kerjasama Lensational dan TCK Learning Center (31/5). Seorang fotografer Indonesia yang telah menetap di Hong Kong selama 7 tahun, Anastasia Darsono, tampil sebagai pembicara.

Menurutnya, dalam fotografi, ada dua hal yang dilakukan setelah memotret. Yakni: editing dan proses akhir. Editing merupakan langkah untuk menyortir foto. Kadang kala dari ratusan foto yang dihasilkan, kita hanya bisa mendapatkan beberapa lembar foto yang sesuai keinginan kita.

Sebagaimana yang kita tahu, jaman sekarang semua orang bisa menjadi fotografer dan kamera apapun bisa untuk memotret termasuk kamera HP.

Oleh karenanya, kita tidak cukup hanya membuat foto yang bagus tetapi juga foto yang bisa diingat atau yang mencuri perhatian. "Photograph must speaks for itself," jelasnya dalam bahasa Inggris.

Setelah melalui proses editing, kemudian foto masuk dalam tahap proses akhir. Yakni mengoreksi bagian foto yang ingin ditonjolkan. Para peserta workshop diajak belajar menggunakan Adobe Lightroom.

Ibu dari dua anak ini mengaku belajar fotografi sejak kecil dari kamera milik ayahnya meski tidak menekuni pendidikan resmi di bidang fotografi. Selama kuliah di Paris, tepatnya saat menekuni bidang 'fashion trend forecast', pengalamannya dalam menggunakan ribuan foto sebagai sumber inspirasi, akhirnya membawanya ke fotografi.


Teks: Sinna Hermanto. Edit: Tasha

0 comments:

Post a Comment