2020-05-01

Jelajah Tai Tam Reservoir - Mount Parker


Jelajah Tai Tam Reservoir 大潭水務 - Mount Parker 柏架山

Hong Kong (HK) memang terkenal dengan gedung-gedung pencakar langitnya. Namun, HK memiliki banyak pemandangan alam maupun taman dan Ruang Terbuka Hijau yang bisa kita jadikan tujuan libur untuk membunuh kebosanan setelah seminggu bekerja. Pemandangan yang memesona, alam yang asri, dan udara yang sejuk akan membuat kita lebih segar. Sehingga, kita bisa melakukan aktivitas selama seminggu ke depan dengan lebih semangat.

Lagi, kita akan berjalan santai dari bendungan 'Tai Tam Reservoir' ke 'Mount Parker'. Trek ini bisa dibilang lumayan jauh dengan jarak sekitar  8 km dan dapat ditempuh sekitar 2,5 tanpa foto-foto. Sebagian orang lokal membawa binatang peliharaan atau kereta bayi menyusuri trek ini. Di beberapa titik, kita akan menemukan area BBQ, yang mana sebelum adanya pandemic COVID-19, area BBQ ini sangat ramai. Baik oleh warga lokal maupun warga pendatang dari Indonesia maupun Filipina. Mengutip laman afcd.gov.hk, Departemen Pertanian, Perikanan dan Perlindungan Alam (AFCD) menutup area BBQ dan area berkemah selama 14 hari, terhitung mulai 28 April - 11 April 2020.

FYI (for your information), Tai Tam Reservoir merupakan bendungan tertua dan terluas kedua yang dibangun di HK island bagian timur tepatnya di Tai Tam Country Park. Bendungan ini dibangun oleh pemerintah kolonial Inggris tahun 1883-1888 dengan kapasitas sekitar 1,1 juta kubik air. Setelah melalui perluasan beberapa kali, bendungan ini mampu menampung sekitar 388 juta kubik air. Sehingga, kebutuhan air di HK island bisa dipenuhi.

Rute Hiking.

- Dari MTR Sai Wan Ho exit A, kita naik bus nomor 14 dan turun di Tai Tam Country Park, Tai Tam Road. Di seberang pemberhentian bus terdapat toilet dan mesin penjual minuman. Di sana adalah titik awal trek.
- Terus berjalan dan ikuti arah penanda Wong Nai Chung - Wong Nai Chung Gap Road.
- Kemudian ikuti penanda Quarry Gap, ikuti lagi penanda bertuliskan 'distance post' H062, H061, H060. Setelah itu kita akan menemukan arah menuju Mount Parker. Dari sini, kita bisa kembali pulang menggunakan MTR dari Quarry Bay exit A.

Note: Kita juga bisa memilih jalur/ trek sebaliknya dari Mount Parker ke Tai Tam Reservoir.

Happy holiday.

Ref :
- hongkonghikinglover.com https://hongkonghikinglover.com/2018/04/23/tai-tam-reservoir-hike-to-mount-parker/
- hongkongliving.com https://hongkongliving.com/lifestyle-kids-and-family-best-stroller-friendly-walks-in-hong-kong/

0 comments:

Post a Comment