2020-06-18

Uniknya Kolam Eceng Gondok di Yuen Long



Ingin menikmati sesuatu yang unik? Datang saja ke Shing Uk Tsuen village, Yuen Long. Di sana kita akan menemukan sebuah area yang dipenuhi dengan bebungaan berwarna biru-ungu. Ya, itu adalah bunga eceng gondok. 

Eceng gondok yang tumbuh di air ini, umumnya berbunga  dan mekar sempurna sekitar bulan Mei dan Oktober. Hanya saja, ketika matahari mulai meninggi, bunga-bunga itu akan segera layu. Yang artinya, bunga eceng gondok ini hanya punya waktu dari kuncup, mekar hingga layu hanya dalam sehari. Oleh karenanya, jika teman-teman berkesempatan datang ke Shing Uk Tsuen, silakan sampai di sana sepagi mungkin agar puas mengabadikan keindahan mekarnya eceng gondok yang sangat singkat tersebut. 

Nah, untuk memotret atau berpose di antara mekarnya eceng gondok ini tidaklah mudah. Kita harus ekstra hati-hati agar tidak terperosok ke dalam kolam air. Meski demikian, banyak juga loh orang lokal yang hendak hiking atau bersepeda mengambil rute di Shing Uk Tsuen sambil menikmati pemandangan unik ini. 

FYI, eceng gondok ini merupakan tanaman subtropis dari Amerika Selatan. Tanaman ini mampu menyerap racun di dalam air. Namun, ia bisa menutupi sinar matahari dan oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup di dalam air sehingga menghalangi tumbuh kembang mereka. Tuh kan? Keindahan eceng gondok ternyata bisa membawa kebaikan dan keburukan dalam satu waktu. 


Cara ke sana. 

- Dari MTR Yuen Long, Exit G1, lalu menuju YeunLong market plaza sampai McDonald kemudian belok kanan sampai menemukan terminal minibus. 
- Silakan naik bus nomor 74 dan turun di pemberhentian terakhir. 
- Lalu jalan lurus sampai menemukan kolam ikan yang cukup besar. Belok kanan. Jalan saja sampai menemukan penanda arah kemudian belok kiri hingga kamu bisa melihat kolam yang dipenuhi bunga-bunga berwarna biru-ungu. 
- Atau kamu bisa naik taksi dari MTR Long Ping ke Shing Uk Tsuen minibus ternimus sekitar HKD 35.

Happy Holiday.

Source :
- https://travelwithangel.com/sea-of-purple-flowers-water-hyacinth-in-blossom-at-yuen-long/
- https://hkindependent-traveller-croatia.blogspot.com/2020/04/sing-uk-tsuen-to-long-ping-with.html

0 comments:

Post a Comment