2020-05-15

Rhino Rock Hike - 斜炮頂 - Che Pao Deng


Hong Kong (HK) memiliki formasi geografi unik di beberapa jalur pendakian berbatu. Bebatuan yang bentuknya unik ini akibat aktivitas vukanik kuno. Salah satunya berbentuk badak di Stanley, HK island. Mendaki Rhino Rock tergolong pendakian yang pendek sejauh 1 km dengan durasi sekitar 45 menit (tidak termasuk foto-foto), juga cocok untuk pendaki pemula atau pro. Meski demikian, medan pendakian tidaklah mudah. Banyak bebatuan besar sehingga kita lebih cenderung untuk memanjat ketimbang mendaki.

Di jalur Rhino Rock tidak ada puncak yang harus di taklukkan mengingat ketinggiannya sekitar 200 mdpl. Setelah kita melewati semak ataupun rumpun bambu, pemandangan Tung Tau Wan sampai Tai Tam Bay yang begitu indah telah menanti. Namun, kita harus hati-hati di jalur yang curam dan berbahaya di beberapa titik serta rumpun bambu yang tajam bisa menggores kaki atau lengan.

Jadi, teman-teman pekerja migran yang hendak ke sana, haruslah ekstra hati-hati, memakai kostum yang tepat, dan diharapkan menyiapkan perbekalan yang cukup termasuk pakai membawa sarung tangan dan mental yang kuat agar tidak gentar berada di atas ketinggian.

Cara ke sana.

Ada beberapa cara untuk menuju Rhino Rock trail. 
Dari MTR Sai Wan Ho exit B, kita menuju terminal bus Grand Promenade, di sebelah Sau Kei Wan Typhoon shelter. Lalu naik bus nomor 14 arah Stanley dan turun di pemberhentian terakhir di Stanley Fort.
Dari Central, naik bus nomor 6A arah Stanley Fort dan turun di pemberhentian terakhir di Stanley Fort.
Dari Stanley market, kita bisa berjalan di sepanjang Stanley main road sampai di historical Stanley Pat Kan Uk, ikuti arah menuju Wong Ma Kok road. Setelah melalui tangga dan berjalan selama 20-30 menit di Wong Ma Kok road, kita sampai di stanley fort.
Dari sini kita ikuti jalur pendakian hingga ke puncak dengan ikon batu berbentuk kepala badak. Kita bisa mengikiti pita penanda jalan untuk kembali ke bawah. Untuk pulang, kita naik bus nomor 14 atau 6A san kita akan kembali ke titik start tadi.

Ingat: saat berfoto-foto, jangan mengambil angle yang terlalu ekstrem. Keselamatan harus kita utamakan.

Selamat berlibur.

Ref :

- localiiz.com
- gethigh-hk.com
- blog.thetripguru.com

0 comments:

Post a Comment