2020-05-08

Hiking Tipis-Tipis ke AP LEI CHAU


Hiking Tipis-Tipis ke AP LEI CHAU 

Jika minggu ini kamu telah mengecek perakiraan cuaca dan mendapati cuaca cerah, ada baiknya kamu merencanakan hiking tipis-tipis ke Hong Kong (HK) island bagian barat. Namun sebelumnya, pastikan bahwa kamu juga selalu update info mengenai peraturan terbaru dari pemerintah HK mengenai larangan berkumpul lebih dari empat orang maupun anjuran untuk menjaga jarak di tempat umum. Kita sebagai pendatang di HK harus selalu taat pada aturan di negara kota yang sedang kita tinggali ini.

Baeglah, bang-yau, kali ini kita akan menyusuri Mount Johnston dengan ketinggian 196 mdpl dan puncak Ap Lei Pai, yang mana puncak lebih rendah yakni 68 mdpl. Dua puncak ini terhubung dengan jalan berpasir. Bila kamu berasal dari Banyuwangi, Ap Lei Pai ini serupa wisata Pulau Merah di desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Bisa dibilang, jalur hiking ini tidaklah panjang, hanya sekitar 5 km pulang pergi. Waktu tempuh paling lama sekitar 2 jam (tidak termasuk foto-foto). Pun, bisa dibilang medan/ trek hikingnya tidak terlalu susah tetapi di beberapa bagian kita harus hati-hati. Ada tali tambang untuk mempermudah perjalanan bagi yang merasa kesulitan ketika melewati trek. Saat cuaca cerah, kita akan menemukan pemandangan yang menakjubkan terutama view Ocean park di sebelah kiri.

Bila ingin berenang di antara bebatuan yang bertebing, usahakan untuk menyiapkan baju ganti. Dan tidak lupa kami selalu mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampak di puncak.

Cara Ke Sana

Untuk ke sana, ko-wa-bang-yau  bisa mengikuti satu jalur yang kami tulis berikut. 
- Dari MTR Lei Tung, lalu keluar ke Lei Tung Estate Road. Kita cari dua bangunan berwarna kuning. Jalur masuknya diantara dua bangunan kuning tadi meski kita tidak menemukan penanda jalur ke mount Johnston. Kita berjalan lurus kemudian berbelok ke kiri sebelum berbelok ke kiri lagi dan menyusuri tangga. Cukup 10-15 menit, kita akan sampai di puncak Mount Johnston.
- Dari puncak Mount Johnston, kita bisa langsung menyeberang ke Ap Lei Pai.
- Untuk kembali pulang, kita bisa menyusuri jalan keberangkatan atau kita bisa naik sampan dengan membayar HKD 40/ perorang dari Ap Lei Pai ke Ap Lei Chau Waterfront Promenade yang dekat dengan MTR Lei Tung exit A1.

Happy Holiday. 

Ref :
- journeyera.com
- forsomethingmore.com
- https://www.journeyera.com/ap-lei-chau-to-ap-lei-pai-hike-mount-johnston/
- https://www.forsomethingmore.com/hike-ap-lei-chau-hike-ap-lei-pai-hike-mount-johnston-ap-lei-chau-hiking-guide/

0 comments:

Post a Comment